Tahun 2017

Setelah bertemu dengan sang penulis novel favorit zaman SMA, yaitu mba Sitta Karina, lewat acara Kilauborasi Sunsilk di akhir tahun kemarin, I feel sort of motivated untuk melanjutkan aktivitas menulis dalam bentuk blog. Sesungguhnya, melihat karir teman sejurusan saya yang akhirnya malang melintang dunia tulis menulis melankolis, perubahan karir idealis dari seorang desainer menjadi apapun kini tampak semakin memungkinkan.



Tidak terasa umur blog ini semakin tua. Dulu motivasi awal dalam menulis blog ini adalah mengisi waktu luang selepas lulus SMA sebelum memulai kuliah di ITB. Tema-tema yang banyak dipakai adalah seputar craft dan jahit menjahit. Langkah-langkah pembuatan beserta jepretan hasil karya mendominasi isi blog saya, sampai masa-masa kuliah S1 hampir berakhir. Selanjutnya, entah kenapa saya sedikit demi sedikit menyudahi hobi tersebut. Benang-benang rajut dan kain perca kini menunggu tangan kreatif yang bersedia mengeluarkan mereka dari boks-boks penyimpanan yang tak lagi terasa menarik seperti dulu.

Selanjutnya, saya mulai menulis my two cents of thought yang masuk di kategori "thoughts". Tak lagi sekedar deskripsi, saya merasa sudah saatnya merekam jejak buah pikiran saya karena saya yakin seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, idealisme pun dapat berubah dan berkembang.

Lalu, ketika saya mendapat kesempatan mengikuti program pertukaran pelajar di Osaka, Jepang, saya rutin menulis pengalaman menarik dan tips-tips yang bisa membantu orang-orang yang akan berwisata ke Jepang atau memulai kehidupan akademis di sana. Ide ini muncul karena saya sendiri merasa terbantu setelah membaca beberapa blog mahasiswa Indonesia ataupun internasional lainnya yang rajin mengupas serba-serbi kehidupan mahasiswa di Jepang. Juga ketika saya melanjutkan S2 di Inggris, saya mencoba menyempatkan waktu untuk menulis. Bukan hanya di blog ini, tapi saya juga mencoba berkontribusi dalam bentuk artikel di Indonesia Mengglobal dan buku panduan dari PPI UK.

Kalau dilihat secara keseluruhan, tulisan yang sudah dihasilkan ternyata cukup banyak juga. Yang harus dilanjutkan adalah sikap konsisten untuk terus berkarya dan mengembangkan skill menulis. Selamat datang 2017, selamat datang juga domain baru untuk blog ini: fadilahjournal.com.

Depok, 6 Januari 2017

Comments

Popular Posts